15 Kiat Penting Menggunakan Ponsel Cerdas Android Yang Gres Dibeli

Tentunya menggembirakan tatkala gres saja berbelanja ponsel cerdas gres Android, yang memiliki banyak fitur-fitur mutakhir di dalamnya.

 Tentunya menggembirakan tatkala gres saja berbelanja ponsel cerdas gres Android 15 Tips Penting Menggunakan Smartphone Android yang Baru Dibeli
Sumber gambar: Flickr.com

Kali ini akan dibahas wacana hal-hal yang perlu Kamu pahami dan laksanakan sehabis berbelanja ponsel cerdas gres Android, namun sebelum itu akan disinggung wacana kiat dalam berbelanja smarphone baru.

Tips berbelanja ponsel cerdas baru

Dalam penyeleksian merk atau merek dari produk ponsel cerdas yang ingin dibeli, maka hal yang mutlak untuk menegaskan produk yang sudah dipahami luas produknya, yang juga dipahami memiliki mutu yang baik. Disamping itu juga perlu memiliki service center banyak, atau jaraknya tidak jauh dari wilayah Kota kau berada.

Sehingga nantinya di saat menimpa hal buruk pada ponsel cerdas maka sanggup dituntaskan dengan baik, sebab sparepart yang sudah tersedia dan pastinya original (dengan mutu yang baik) di wilayah resmi tersebut.

Kemudian amati performa smartphone, pilih yang memang sesuai dengan keperluan Kamu. Jika Kamu suka menggunakan ponsel cerdas untuk bermain game maka pastinya perlu berbelanja smarphone dengan spek tinggi, terlebih kalau yang dimainkan merupakan game besar / HD. Kamu perlu memperhatikan spesifikasi yang besar untuk hardware CPU, RAM dan GPU.

Atau besaran memorinya tersebut memadai untuk kriteria yang diminta oleh metode game yang ingin Kamu mainkan. Untuk bermain game, maka biasanya RAM minimal merupakan 1GB, atau usahakan lebih dari itu.

Adapun kalau kau menggunakan ponsel cerdas cuma untuk SMS, Telepon, mengakses media biasa dan browsing, maka spesifikasi CPU, GPU dan RAM tidak perlu terlalu kau amati besarannya.

Ukuran layar
Dan untuk ukuran layar maka sesuaikan juga dengan kebutuhan, untuk ponsel dengan bentuk yang simple, mungil dan ringan maka sungguh sesuai untuk Kamu yang memiliki kebiasaan meletakkan ponsel ke dalam kantong celana, adapun untuk Kamu yang sering browsing (membuka web), entah untuk membaca berita, tips-tips dan lainnya, maka yang direkomendasikan merupakan menggunakan layar yang lebih lebar, yakni ukuran 5 inci atau lebih.

Untuk kapasitas baterai, kian besar kapasitas baterai dan daya tahannya, maka akan lebih baik, minimalnya untuk kapasitas baterai merupakan 3000 mAh, usahakan lagi lebih dari itu sebab lebh baik.

Tips-tips penting dalam menggunakan ponsel cerdas Android baru
Dengan berbelanja ponsel cerdas gres maka terdapat banyak sekali fitur yang mutakhir dan menggembirakan di dalamnya, yang menghasilkan hidup menjadi gampang dengan eksistensi fitur-fitur tersebut. Berikut di bawah ini beberapa kiat biar ponsel cerdas kau menjadi optimal, sehabis sebelumnya Kamu berbelanja ponsel cerdas baru.

1. Gunakan metode keselamatan Passcode
Sebagai pengguna smartphone, yang kita di dalamnya banyak menyimpan banyak sekali data penting dan rahasia, entah itu data-data berupa dokumen, foto, kontak dan lainnya. Jangan hingga sanggup diperoleh oleh orang lain data-data belakang layar kita tersebut. Agar sanggup mengamankan ponsel cerdas kita itu, maka sanggup mempergunakan suatu fitur security yakni passcode, yang biasanya ada di dalam setiap smartphone. Caranya :
  1. Kamu pergi ke santapan Settings
  2. Lalu pilih Security
  3. Pilih Screen Lock
  4. Pilih Passcode
  5. Setelah itu, ponsel Android milikmu akan menyediakan pilihan passcode berupa pattern, PIN, atau password.
  6. Silahkan Kamu gunakan fitur tersebut.


2. Buatlah Akun Google
Ada banyak faedah yang sanggup Kamu dapatkan dengan menghasilkan atau memiliki akun Google, Kamu akan mendapat bayak fitur mutakhir yang ada di dalamnya, menyerupai Kamu sanggup mengakses aplikasi Gmail (untuk berkirim mail), YouTube (untuk upload video), Blogspot (membuat blog gratis), Drive (menyimpan data di internet) dan banyak sekali aplikasi mutakhir yang lain yang sanggup Kamu gunakan.

Akun Google sendiri nantinya perlu untuk dipakai dalan mengakses banyak sekali layanan Google (yang disebutkan diatas), disamping itu untuk pengguna Android maka sanggup mendownload banyak aplikasi maupun game di Play Store sevara mudah, cepat dan aman. Cara menghasilkan akun Google untuk ponsel cerdas gres milikmu, yaitu:
  1. Mula-mula datangi halaman accounts.google.com
  2. Kemudian isi formulir registrasi
  3. Kemudian simpan pemberitahuan username dan password akun Google, yang nantinya sanggup dipakai untuk login pada semua layanan login tersebut. Sehingga dengna memiliki akun Google maka Kamu sanggup login ke Youtube.com, Blogger.com dan layanan Google lainnya. Tanpa perlu pendaftaran pada layanan-layanan tersebut lagi.

3. Metode dalam mengurangi baterai
Di dalam smarpthone milikmu terdapat banyak sekali akomodasi yang sungguh banyak, yang pastinya canggih-canggih. Akan tetapi, bukan memiliki arti Kamu setiap waktu menggunakan fitur-fitur tersebut, akan lebih baik untuk mematikan akomodasi yang di saat itu tidak Kamu gunakan.

Beberapa akomodasi yang mengkonsumsi lumayan banyak konsumsi baterai yakni Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan NFC, pastinya fitur-fitur tersebut tidaklah Kamu gunakan pada setiap waktu, sehingga biar sanggup mengurangi penggunaan daya baterai, Kamu perlu menertibkan pada aplikasi / fitur yang menghabiskan banyak daya baterai, untuk dimatikan atau diminimalisir.

Demikian juga dengan metode kecerahan layar yang perlu dikelola pada posisi otomatis, serta screen time out pada menit yang paling rendah (tetapi tetap perlu memerhatikan kenyamanan), sehingga ini efekif dalam mengurangi baterai, yang nantinya Kamu tidak perlu sering-sering charge baterai. Untuk mengaturnya, langkah-langkahnya yaitu:
  1. Buka Settings
  2. Pilih Display
  3. Pilih Brightness dan Settings
  4. Pilih Display
  5. Pilih Sleep.
  6. Kemudian matikan fitur yang memang sedang tidak digunakan
  7. Kemudian setting tingkat kecerahan layar secara otomatis, atau juga sanggup setting minimum di saat baterai low. Yang setting ini juga diubahsuaikan dengan keperluan Kamu.
  8. Kamu juga sanggup setting hal-hal penggalan lainnya, yang sanggup mengurangi konsumsi daya baterai.

4. Ganti Ringtone
Kamu sanggup dengan gampang menertibkan nada panggil, dimana sudah banyak ditawarkan yang menjadi bawaan dari ponsel Android yang Kamu beli, biasanya menyerupai itu. Atau Kamu juga sanggup mengubah ringtone ponsel Android dari audio sendiri secara bebas, yang cocok degnan hasrat kau , sehingga android milikmu akan menjadi lebih unik, caranya:
  1. Pergi ke santapan Settings
  2. Pilih Sound
  3. Pilih Phone ringtone
  4. Setelah itu Kamu pilih file audio yang dikehendaki untuk nantinya dipakai selaku ringtone.
  5. Pada umumnya, Kamu sanggup menegaskan file audio dengan format MIDI atau MP3.


5. Gunakan fitur lacak lokasi perangkat Smartphone
Fitur ini sungguh berkhasiat di saat seseorang kehilangkan ponsel cerdas Android kesayangannya, dimana nantinya dengan santunan dari layanan yang diberikan Google, maka kau akan mendapat fitur untuk pelacakan ponsel di saat hilang. Dimana fungsi fitur dari Google tersebut nyaris sama dengan yang ada pada layanan aplikasi “Find My iPhone”.

Untuk menggunakan fitur pelacakan lokasi ponsel cerdas dari Google ini, maka pertama-tama datangi Google Device Manager, kemudian Login dengan akun Google milikmu. Kemudian kau simpan alamat situs web itu.

Dimana nantinya di saat Kamu membuka alamat situs web itu, maka kau sanggup melacak eksistensi perangkat ponsel cerdas milikmu, sehingga sungguh berkhasiat di saat Kamu kehilangkan peranngkat smartphone.

Sebelumnya Kamu menjalankan pengaturan yang ada di situs web itu. Download aplikasi 'Android Device Manager' di Play Store, kemudian laksanakan pengaturan.

6. Mengganti Wallpaper
Agar performa ponsel cerdas Android Kamu menjadi lebih indah dipandang pada layarnya, maka Kamu sanggup mengubah wallpaper scara gampang dan bebas, yang sanggup Kamu ambil dari file gambar milikmu yang Kamu sukai. Langkah-langkah mengaturnya, pertama-tama kanal santapan settings, kemudian pilih Display, pilih Wallpaper, terakhir tinggal pilih file gambar milikmu yang Kamu kehendaki menjadi wallpaper.

Biasanya Kamu sanggup menertibkan pilihan wallpaper, yakni tersedia yang bersifat statis (gambar biasa) dan tersedia versi dinamis (yang berupa animasi).

Akan namun untuk penggunaan yang animasi (model dinamis) maka ini akan mengkonsumsi lumayan banyak daya baterai, sehingga baterai menjadi lebih bois.

Untuk itu direkomendasikan untuk menggunakan yang gambar biasa saja (tidak dinamis), Kamu sanggup menegaskan gambar kesukaan menyerupai panorama dll.

7. Matikan saja fitur Auto-update
Semakin usang Kamu menggunakan ponsel cerdas maka akan kian banyak aplikasi yang mau kau pasang nantinya, sehingga ponsel cerdas akan terdapat banyak aplikasi di dalamnya. Layanan Play Store yang ada di dalam OS Android, bisanya menerapkan metode untuk update aplikasi yang ada di dalam ponsel cerdas secara otomatis.

Sehingga akan mengkonsumsi banyak kuota internt tanpa Kamu duga sebelumnya, juga akan mengkonsumsi banyak daya baterai.

Oleh sebab itu, kalau Kamu berfikir bahwa update aplikasi yang ada di dalam ponsel cerdas Android bukanlah hal yang mesti secepatnya dijalankan (bisa dijalankan manual nanti kalau diperlukan olehmu), maka matikan saja fitur auto update.

Caranya buka santapan Settings di Play Store, kemudian Kamu hilangkan tanda centang yang ada di penggalan Auto-Update Apps

8. Manfaatkan penggunaan widget
Kamu sanggup mempergunakan fitur Widget dengan secukupnya saja, dimana keuntungannya Kamu sanggup secara eksklusif dan gampang untuk menyaksikan banyak sekali pemberitahuan yang eksklusif ditampilan pada halaman Home. Seperti sanggup menyaksikan secara eksklusif haasil pertarungan sepak bola, pemberitahuan nasional, brita internasional atau yang lain di halaman Home.

Sehingga Kamu tidak perlu mendatangi halaman web atau membuka aplikasi terlebih dahulu. Tetapi letakan hal-hal penting saja selaku widget (seperlunya saja), jangan memasang terlampau banyak pemberitahuan di widget karna sanggup menghamburkan penggunaan baterai.

9. Gunakan pelindung samrtphone
Penggunaan pelindung “screen protector” pada perangkat ponsel merupakan hal yang mesti dilakukan, maksudnya biar perangkat sanggup terlindung dari kotoran luar, dan juga ukiran jari di saat dipakai pada layar. Dengan menggunakan pelindung ini maka fisik perangkat ponsel akan tetap mulus meskipun sudah beberapa tahun digunakan.

Silahkan Kamu beli screen protector dan juga casing yang elok di counter atau wilayah service untuk melindungi fisik smartphone.

loading...

10. Hindari instal aplikasi yang asal-asalan
Kesalahan menyerupai ini bekerjsama tidak jarang menimpa para pengguna yang gres berbelanja smartphone, sebab memang dengan kapasitas memori yang besar, sementara data ataupun aplikasi yang ada di dalam ponsel cerdas Android kosong atau masih sedikit, sehingga menghasilkan para pengguna “smartphone baru” ini dengan seenaknya dan asal pilih dalam menginstal aplikasi.

Yang parahnya bahwa tidak sdikit orang menginstal aplikasi yang tidak dikenali fungsinya, cuma main-main saja kemudian uninstal, pastinya kebiasaan ini kurang baik.

Kebiasaan yang menyerupai itu akan sanggup menghasilkan buruk kondisi ponsel cerdas Android kamu, sebab ada kemungkinan dari aplikasi yang Kamu instal terdaat jadwal malware bahkan virus, yang hal ini sanggup menghancurkan metode smartphone.

Sehingga dalam menginstal aplikasi, pastikan bahwa pembuatnya terang (bukan developer ecek-ecek yang belum sanggup dipercaya), kemudian coba fikirkan apakah aplikasi yang Kamu instal memang diperlukan.

Karena perlu dikenali bahwa kian banyak aplikasi yang kita instal maka akan menghasilkan kian berat dan usang kerja ponsel cerdas Android.

11. Charge ponsel cerdas dengan benar
Disarankan untuk menggunakan ponsel cerdas hingga baterai keadaannya 'hampir' habis total, sehabis timbul pemberitahuan low battery maka gres charge ponsel cerdas hingga full. Kamu perlu membiasakan hal ini untuk mengurangi frekuensi charge, keculai kalau dalam kondisi memang darurat atau buru-buru.

Selain itu, mungkin Kamu pernah mendengar pemberitahuan bahwa di saat gres pertama kali menggunakan ponsel cerdas baru, Kamu disuruh untuk charge selama 8 jam dalam kondisi ponsel mati?

Maka ini hal yang kurang sempurna untuk diikuti, pasalnya optimal charge baterai paling usang merupakan 5 jam, lebih dari itu akan menyediakan efek buruk pada kesehatan perangkat atau komponen-komponen smarthone.

Sehingga yang lebih baik yakni charge baterai hingga full, kemudian lepas charge dari smartphone.

12. Manfaat keyboard Alternatif
Mengetik di layar sentuh (dengan fitur touch screen) pastinya akan berlainan dengan mengetik di keyboard fisik menyerupai ummunnya, yang penggunaan keyboard biasa sering dipakai di saat ponsel dengan fitur touchscreen masih jarang di Indonsia dulu.

Agar nantinya pengguna sanggup lebih optimal dalam mengetik maka terdapat beberapa aplikasi keyboard untuk ponsel cerdas Android Kamu, menyerupai SwiftKey dan Swype, yang sanggup Kamu download dan gunakan secara gratis.

Download aplikasi SwiftKey untuk Android

Download aplikasi Swype untuk Android

13. Jangan lupa “Google Account Setup”
Ketika awal-awal menggunakan smarpthone Android gres Kamu, Kamu nantinya masuk ke penggalan setup akun Google. Walaupun bekerjsama ada pilihan untuk skip setup pada penggalan ini, akan namun yang sungguh direkomendasikan yakni lebih baik menjalankan set up. Jika sebelumnya Kamu skip, maka disana tetap akan ada Ikon setup akun Google, yang mau ada terus. Dan nantinya hilang sehabis akun terverifikasi dan login

Direkomndasikannya set up ini sebab untuk menghubungkan dan membuat lebih gampang penggunaan banyak aplikasi Google dan Android Market, kemudian juga untuk integrasi kalender handset dengan kalender Google, serta integrasi kontak pada handset dengan kontak di akun Google.

Dengan mempergunakan fitur itu berkhasiat di saat handset hilang atau di saat Kamu mengubah handset Android lain, data-data yang menyerupai kontak, jadwal yang sebelumnya dimasukan di kalender Android, serta aplikasi yang Kamu pasang sebelumnya.

Yang nantinya, itu semua sanggup dengan gampang dan cepat untuk dikembalikan.

14. Waspada dari serangan keselamatan versi phishing dan SMS
Dimana yang perlu dikenali bahwa serangan keselamatan Android bukan cuma lewat dari aplikasi yang didalamnya disisipkan jadwal berbahaya. Untuk duduk permasalahan aplikasi yang dimasukan didalamnya virus, malware, dsb maka hal ini sudah sring dibahas di internet, dimana biar lebih amannya maka direkomendasikan menginstal aplikasi Android eksklusif dari Google Play Store.

Untuk duduk permasalahan phishing ini, hal yang tidak jarang terjadi bahwa email dan SMS didalamnya sanggup terdapat pishing. Apakah phising itu? Yaitu mengarahkan Kamu ke suatu link situs jahat yang berecana untuk mendapat data pribadi Kamu, dimana biasanya berupa situs artifisial / menyamar, disana Kamu akan diminta untuk memasukan data-data belakang layar milikmu.

Apabila Kamu mendapat kondisi semacam ini, maka jangan memasukkan data pribadi nan belakang layar ke situs itu. Data belakang layar menyerupai rincian data kartu kredit Kamu, login data Paypal dan lainnya.

Dimana jenis pesan teks dan email ini dipakai oleh pihak jahat untuk menjalankan phishing, sehingga Kamu perlu berhati-hati jangan hingga terpedaya.

Jika ingin login ke Paypal mislanya (atau lainnya), maka eksklusif ke situsnya saja sehingga lebih aman.

Untuk mengatasinya maka instal aplikasi keamanan, kemudian jangan pernah menekan link dalam pesan teks atau email dari orang yang tidak jelas.

15. Instal aplikasi parental kontrol
Untuk kiat kelima belas ini, kita mengatakan wacana anak-anak. Hal yang jarang disangka-sangka yakni di saat belum dewasa beraktifitas dengan perangkat smartphone, mereka menjalankan akivitas yang berbahaya di internet atau di smartphone, sehingga penting bagi para orang renta menjalankan perlindungan dari ancaman ini.

Dengan santunan aplikasi yang berfungsi selaku parntal kendali maka orangtua sanggup dengan gampang memproteksi kesibukan anak di smartphone, dan menangkal belum dewasa menginstal aplikasi yang kurang baik. Di Google Play Store terdapat lumayan banyak aplikasi parental kendali yang sanggup Kamu gunakan secara gratis.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.