15 Kiat Merawat Dan Menyimpan Sepatu Mudah-Mudahan Awet

Sepatu ialah barang yang dimiliki oleh setiap orang, yang umumnya dipakai untuk berpergian. Sepatu berisikan kepingan seumpama sol, hak, kap, tali, dan pengecap sepatu, terdapat banyak sekali macam versi sepatu.

Biasanya sepatu favorit atau yang paling kerap digunakan, akan menjadikannya cepat mengalami kerusakan.

Untuk itu, cukup penting mengenali kiat merawat dan menyimpan sepatu dengan benar, agar nantinya sepatu sanggup menjadi awet.

 Sepatu ialah barang yang dimiliki oleh setiap orang 15 Tips Merawat dan Menyimpan Sepatu Agar Awet
Sumber gambar: Pexels.com

Tips merawat dan menyimpan sepatu

1. Jangan memakai sepatu selama tiga hari berturut-turut
Sepatu sebenarnya perlu waktu untuk sirkulasi udara selama 24 jam sebelum dipakai kembali. Nah, apabila terus-menerus memakai sepatu, maka bahannya akan menjadi tertarik, sehingga nantinya sepatu mudah ringkih dan cepat sobek.

2. Hindari menyetir memakai sepatu tumit tinggi
Ketika mengendarai mobil, hindari memakai sepatu yang memakai tumit tinggi di saat menyetir, alasannya yakni di saat menginjak rem kendaraan beroda empat maka sol akan mengalami penekanan, sehingga menghasilkan sepatu rusak.


3. Jangan biarkan sepatu lembab
Apabila sepatu terkena air hujan atau juga yang sering mengalami lembab alasannya yakni keringat, maka angin-anginkan sepatu beberapa saat, hingga akibatnya sepatu kering. Setelah itu Kamu tetapkan hingga tidak ada kotoran yang tertinggal di dalamnya, kemudian gres Kamu simpan di kawasan yang kondusif untuk sepatu, seumpama di kotak.

Hal itu untuk menyingkir dari adanya jamur. Selain itu, kau sanggup menangani hal tersebut dengan meletakan silica gel (kapur barus) di dalam kotak untuk menyerap kelembaban.

4. Sepatu khusus olahraga rentan kotor, sikat saja memakai air deterjen
Jenis sepatu olahraga tergolong yang paling rentan mengalami kotor. Karena sepatu olahraga umumnya dipakai untuk acara outdoor (di luar ruangan), misalnya untuk mendaki gunung. Tentunya sepatu 'tidak mungkin' tidak kotor. Pada sepatu akan banyak tanah, pasir dan lumpur.

Kondisi sepau yang kotor akan mewajibkan penggunanya mencucinya. Cara anggun untuk mencucinya, lepaskan tali sepatu. Lalu rendam di dalam larutan deterjen sekitar 10-15 menit.

Lalu siapkan sikat gigi bekas dan deterjen bubuk. Larutkan deterjen bubuk dalam air. Ingat! Larutan ini tidak sama dengan yang mau dipakai pada tali sepatu.

Kamu perlu menyikat secara perlahan kepingan sepatu yang kotor, gunakan sikat gigi saja, tanpa deterjen.

Setelah noda mulai pudar (noda tidak sanggup menghilang full), maka celupkan sikat gigi ke dalam larutan deterjen tadi. Kemudian sikat lagi kepingan yang kotor tadi hingga nodanya sungguh-sungguh bersih.

Kemudian angkat rendaman tali sepatu, kemudian kucek-kucek untuk menetralisir noda. Bilas sepatu dan talinya memakai air keran biasa, laksanakan hingga busa menjadi hilang sepenuhnya.

Keluarkan dulu kepingan pengecap sepatu, kemudian Kamu masukkan kedalam sepatu segumpal kertas koran bekas. Kemudian jemur sepatunya hingga kering. Ingat! Menjemurnya tidak pribadi terkena matahari, melainkan di kawasan yang terduh (memiliki atap). Menjemur pribadi dii bawah sinar matahari sanggup menghancurkan sepatu.

5. Hindari menumpuk sepatu 
Jangan pernah menumpuk sepatu asal pilih tanpa memakai kotak, atau tanpa adanya penghalang antar sepatu, sehingga sepatu tertindih. Karena menumpuk sepatu sanggup menghancurkan materi dan solnya sepatu. Lebih direkomendasikan Kamu mempunyai rak khusus yang dipakai untuk menyimpan sepatu.

loading...

6. Bersihkan sepatu sebelum disimpan
Menyimpan sepatu yang dalam kondisi yang kotor maka memunculkan hal buruk pada sepatu, yang menjadikannya cepat rusak. Saat ingin membersihkan maka amati pada materi sepatu, apabila sepatu berbahan kulit maka membersihkannya cukup dengan sikat sepatu hingga debu yang ada padanya bersih.

Adapun apabila sepatu berbahan kanvas, untuk membersihkannya dengan memakai air dan sabun, yang sanggup dengan baik menetralisir nodanya pada sepatu.

7. Segera keringkan sepatu jikalau basah
Hindari tidak memperdulikan sepatu yang terkena air, terlebih jikalau dalam waktu yang lama. Apabila Kamu mengalamu kehujanan di luar, maka setelah hingga rumah hendaknya mengeringkan menggunkan lap kering. Adapun untuk mengeringkan kepingan dalam sepatu, sanggup memakai kertas koran atau yang semacamnya.

Saat memasukkan kertas koran di dalam sepatu, maka posisikan sepatu dlaam kondisi berdiri, maksudnya untuk cepat kering. Tidak direkomendasikan memakai alat penghangat buatan, misalnya hair dryer, dll. Hal itu dihentikan alasannya yakni dikhawatirkan sanggup menghancurkan kulit sepatu.

8. Keringkan kaki
Kondisi kaki yang berair memunculkan kaus kaki akan ikut berarir. Hal ini menyebabkan kondisi di dalam sepatu lembab. Apabila maslaah ini terjadi sanga sering, dikhwatirkan akan memunculkan sepatu menjadi sarang kembang biak kuman dan kuman. Kondisi ini sungguh berbahaya bagi kesehatan, disamping juga menghasilkan sepati bau.

9. Simpan sepatu pada suhu yang stabil
Simpanlah sepatu pada kawasan yang tidak terkena matahari , alasannya yakni jikalau sepatu terlalu usang terkena sinar matahari sanggup menghasilkan pudar warna sepatu. Dan sebaliknya, juga jangan menyimpan sepatu pada kawasan yang condong basah, yang menghasilkan sepatu lembab, dan bearoma tidak sedap, disamping itu juga cepat rusak.


10. Isi sepatu dengan kertas
Ketika ingin menyimpan sepatu dalam rentang waktu yang lama, maka isilah kepingan dalam sepatu dengan kertas, maksudnya agar tetap mempertahankan bentuk sepatu, serta menyingkir dari hewan-hewan kecil masuk bersarang di dalam sepatu. Tetapi kertas yang Kamu pakai dihentikan yang mengandung asam, dan dihentikan memakai kertas yang terdapat goresan pena bertinta alasannya yakni nantinya meninggalkan bekas tinta pada sepatu.

Loading...

11. Jangan kemasan sepatu memakai plastik
Hindari kebiasaan membungkus sepatu memakai plastik, alasannya yakni sanggup memunculkan sepatu mengalami lembab dan berjamur.

12. Gunakan lemari sepatu
Simpanlah sepatu di lemari khusus, dimana yang punya sirkulasi udara yang baik, sehingga menyingkir dari sepatu berbahan kulit menjadi berjamur, alasannya yakni tidak adanya sirkulasi udara, dan juga berniat melindungi sepatu dari binatang perusak seumpama tikus.

13. Perhatikan suhu kawasan menyimpan sepatu
Hindari menyimpan sepatu di kawasan seumpama ruang bawah tanah, garasi, dan kawasan semacamnya yang rawan mempunyai suhu ekstrim, sehingga akibatnya menghancurkan sepatu.

14. Semir secara rutin
Menyemir sepatu jenis kulit yakni hal yang cukup penting dilakukan. Menyemir sanggup dilaksanakan memakai produk wax / cream polish. Sebelum menyemir, tetapkan sepatu sudah dalam kondisi kering. Hendaknya menyesuaikan warna wax/cream dengan sepatu.

Untuk melakukannya, dengan menempelkan cream tersebut ke sepatu. Kemudian sikat hingga seluruh kepingan permukaan sepatu. Lalu diamkan dalam waktu beberapa menit. Kemudian gosok memakai kain higienis hingga mengkilap.

15. Bersihkan kotoran sebelum menyemir
Hindari menyemir sepatu kulit sebelum kotoran yang ada mesti dihilangkan (dibersihkan). Hal itu alasannya yakni di saat digosok, berakibat tersebarnya kotoran ke seluruh permukaan sepatu. Yang akibatnya berakibat buruk pada sepatu

Untuk mendapat hasil yang terbaik, maka pakai saddle soap. Itu yakni jenis sabun yang berfungsi untuk membersihkan kulit tanpa menghancurkan permukaan pada kulit sepatu yang sensitif. Bersihkan memakai dengan sikat atau kain yang lembut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.