14 Hal Yang Memotivasi Anda Untuk Bangun Dari Kegagalan & Keterpurukan

Semua orang niscaya pernah mencicipi kegagalan dan kekecewaan, yang menghasilkan dada terasa sempit. Semua orang sungguh khawatir wacana kegagalan, membayangkan kegagalan yakni suatu kegelapan.

Walaupun sudah sesempurna mungkin untuk menghasilkan suatu rencana. Akan namun dalam hidup ini, tidak mungkin kita sanggup terhidar dari aneka macam ujian dalam hidup. Kegagalan yakni sesuatu yang ‘pasti’ pernah dicicipi oleh semua orang.

Berbagai ujian datang, yang menghasilkan seseorang merasa terpuruk dan merasa putus asa. Padahal, dalam hidup ini SEHARUSNYA tidak ada yang namanya putus asa, yang ada hanyalah terus bangun dan jangan pernah mengalah meskipun SEDETIK pun.

Anda mesti bangun dari kegagalan. Untuk bisa bangun dari keterpurukan. Saya akan memaparkan beberapa poin yang saya kehendaki sanggup merubah hidup Anda biar menjadi sosok yang senantiasa bergairah dan tidak pernah menyerah.

 Semua orang niscaya pernah mencicipi kegagalan dan ketidakpuasan 14 Hal Yang Memotivasi Anda Untuk Bangkit dari Kegagalan & Keterpurukan
Sumber gambar: Pixabay.com

1. Pandanglah kegagalan selaku LANGKAH AWAL menuju kesuksesan abadi

Kegagalan demi kegagalan yang dialami bukanlah tamat segalanya. Anda cuma perlu untuk TIDAK berputus asa, biar Anda terus memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dijalankan sebelumnya, hingga akhirnya Anda akan menerima suatu hal yang membuka pintu kesuksesan Anda.

Kegagalan yakni sesuatu yang masih wajar, siapa pun pernah terkena ‘musibah’ kegagalan. Tapi ingat, suatu kesalahan besar apabila menilai kegagalan selaku tamat dari segalanya. Tugas Anda cuma terus menjajal dan mencoba, hingga akhirnya kesuksesan dicapai. Cepat atau lambat, Keberhasilan akan berdiri di hadapan Anda, syaratnya yakni Anda tidak pernah menyerah.

2. Nikmati saja ujian yang tiba menerpa

Kita bahwasanya tidaklah mungkin sanggup berada di klimaks kesuksesan, apabila sebelumnya tidak pernah berada di titik paling bawah. Orang yang tidak pernah gagal, hakekatnya orang tesebut yakni orang yang tidak pernah berbuat. Orang tersebut tidak pernah mencicipi pahitnya kegagalan. Yang padahal pahitnya kegagalan yakni pengalaman yang TERBAIK, yang menghasilkan seseorang akhirnya kian berpengalaman untuk menghadapi segala permasalahan.


3. Milikilah motivasi untuk melatih diri di dalam mengadapi problematika

Orang yang sudah berpengalaman dalam menghadapi aneka macam problem, maka kian mudah dirinya untuk bisa meraih kesuksesan. Sebuah perumpamaan yang saya kira sungguh bagus, yakni suatu bola basket yang memantul di saat dijatuhkan dari atas. Bola basket yang dijatuhkan dari wilayah yang kian tinggi maka akan kian tinggi juga pantulan bola basket.

Sehingga kian banyak permasalahan yang Anda hadapi, maka akan kian besar juga faedah dan kesuksesan yang dapat Anda peroleh. Dengan syarat, Anda menghadapi segala permasalahan dengan cara yang benar dan bijak.

4. Bijak dalam menghadapi masalah

Yang membedakan antara orang kurang cerdik dan orang yang bijak yakni di saat mereka menghadapi problem. Mengenai hal ini, saya menerima suatu kisah anekdot, yang saya kira cukup menarik. Berikut kisahnya: Alkisah ada seorang raja yang bodoh. Sang raja mengeluhkan jalan yang dilewatinya saban hari kasar, yang menghasilkan kakinya sakit. Maka sang Raja mengutus menterinya biar jalan-jalan yang dilewatinya dilapisi dengan kulit yang lembut.

Menteri sungguh raja yakni seorang yang pintar dan bijak. Saat sang mentri menerima perintah tersebut, maka sang mentri tertawa geli mendengar perintah raja yang kurang cerdik itu. Sang mentri menilai itu yakni perintah yang bodoh. Maka berkatalah sang Menteri,'Wahai yang mulia Raja, ketimbang kerajaan buang-buang ongkos menyerupai itu, yang bahwasanya sia-sia. Mengapa bukan kaki yang mulia saja yang dialasi dengan kulit (sendal / sepatu)?

Dari dongeng tersebut, yang membedakan orang kurang cerdik dan bijak, yakni di saat menghadapi masalah. Bagaimana mereka sanggup berpikir efektif dalam menyelesaikan suatu persoalan. Orang kurang cerdik kerjaannya cuma mengeluh saja di saat menghadapi masalah. Adapun orang bijak lazimnya yakni orang yang cerdas, mereka akan terus berpikir dan berupaya untuk mencari penyelesaian suatu permasalahan.

Kita bisa ambil pelajaran, bahwa menghadapi permasalahan dengan mengeluh yakni langkah-langkah kurang cerdik dan juga membuang-buang energi beharga. Orang yang mengeluh condong akan menyalahkan orang lain (dengan kata lain mencari kambing hitam), yang sanggup menghasilkan hati kotor.

Hati yang kotor alasannya yakni di dalam hatinya sarat dengan rasa pesimis dan negatif thinking, menghasilkan pikiran menjadi tidak produktif. Sering kita lihat bahwa orang yang suka menyalalahkan orang lain, biasanya mereka menjadi orang yang sungguh jelek dalam menghadapi suatu permasalahan. Mereka biasanya orang yang tidak mempunyai kesanggupan yang mumpuni, itu akhir sifat jelek yang dipeliharanya sendiri.

Orang bijak mendapatkan problem yang ada ‘bukan selaku masalah’. Akan tetapi, orang bijak menganggapnya selaku pintu untuk lahirnya wangsit dan kreativitas baru. Masalah dianggapnya selaku ‘ajang’ untuk membuka pengetahuan baru.

5. Miliki motivasi di hati dalam setiap detik hidup Anda

Ketika Anda mengalami kegagalan, pastinya menghasilkan Anda sedih. Walaupun kegagalan menghasilkan Anda sedih, namun hakekatnya pada setiap kegagalan yang Anda alami, itu yakni MODAL biar Anda bisa menghasilkan pintu kesuksesan Anda akan bertahap terbuka.

Jika Anda sudah menjadi sosok yang pantang menyerah, maka bahwasanya Anda tinggal menuggu kesuksesan yang hendak tiba di depan mata. Janganlah mengalah untuk menjemput kesuksesan itu. Sehingga cukup layak dibilang bahwa mengalah yakni suatu langkah-langkah yang betul-betul konyol. Apakah dengan mengalah sehingga cuma duduk-duduk saja, bisa menampilkan kesuksesan?

Ingatlah, hendaknya kita dalam menjalani hidup dengan sarat motivasi. ‘Menyerah’ yakni kata yang paling tabu di pikiran. Sehingga detik-detik hidup yang Anda jalani dengan sarat semangat, jangan hingga hilang semangat yang membara di hati, jangan hingga menjadi seseorang yang bagaikan mayit hidup alasannya yakni sudah tidak mempunyai semangat.

Jadikanlah kegagalan yang dialami bukan selaku unek-unek yang menghasilkan Anda berhenti, namun selaku watu loncatan yang menghasilkan Anda bisa terbang lebih tinggi untuk menggapai kesuksesan. Tapi ingat, kesuksesan cuma bisa didpatkan dengan tekad baja, kerja keras, ketabahan dan kelembutan hati dalam menghadapi duduk permasalahan hidup.


6. Terseyumlah

Sebelumnya saya menyebutkan bahwa untuk menggapai kesuksesan diinginkan tekad, kerja keras, ketabahan dan kelembutan hati. Mungkin agak tabu apa faedah dari kelembutan hati ini? Anda yakin atau tidak, bersihnya hati juga ternyata sungguh mensugesti seseorang berhasil atau tidak.

Mungkin Anda mengajukan pertanyaan lagi, apa hubungan ilmiah antara bersihnya hati dengan kesuksesan? Sebenarnya keduanya mempunyai hubungan yang cukup dekat namun jarang disadari (walaupun bukan dalam hal teknis). Dalam menghasilkan suatu usaha maka diinginkan strategi, dimana untuk menghasilkan seni administrasi yang cocok maka kita mesti berpikir keras.

Sekarang... bagaimana kita bisa berpikir jernih dan sarat ketenangan sehingga dihasilkan wangsit yang WOW, apabila hati kita masih gelisah. Kondisi hati yang bingung menghasilkan seseorang kesusahan untuk mempunyai ide-ide brilian. Sehingga pesan saya bagi Anda yang ingin bangun dari keterpurukan, bersihkan dan jagalah hati Anda. Berdasarkan klarifikasi luar biasa kesehatan dan juga luar biasa psikologi, banyak yang mengungkapkan bahwa tersenyum menjadi cara terbaik untuk menyehatkan badan dan pikiran.

Menghiasi hari-hari dengan seyuman menghasilkan hati dan pikiran kita lebih tenang, Anda juga sanggup lebih terhindari dari perilaku ‘konyol’ menyerupai putus asa, menyerah, tidak ada kehendak dan sebagainya.

7. Jangan anggap kegagalan yakni hal yang sepenuhnya jelek

Entah Anda yakin atau tidak, seorang yang sudah berhasil maka sebelum itu dirinya memerlukan beberapa kegagalan ‘pahit’. Dirinya mesti jatuh bangun, sebelum akhirnya meraih suatu titik keberhasilan. Karena cuma dengan ‘manfaat’ dari kegagalan-lah, dirinya sanggup melatih motivasi untuk terus bangkit, serta melatih diri dalam mengantisipasi aneka macam kesalahan (yang sebelumnya dilakukan).

Tahukah Anda kapan seseorang mengalami kegagalan permanen? Yaitu di saat dirinya sudah berhenti berupaya dan mencoba, sehingga cuma membisu tanpa langkah-langkah apa pun. Sebagai contoh, ada seorang lulusan gres yang melamar pekerjaan, namun dirinya ditolak berkali-kali oleh pihak perusahaan.

Maka suatu langkah-langkah yang kurang cerdik apabila dirinya akhirnya menyerah, bahkan mengutuki keaadaan yang dialaminya. Karena jelas, yang mesti dilakukannya yakni terus melamar pekerjaan hingga dapat, sembari mengembangkan mutu SDM-nya biar peluang diterima kian besar. Beberapa upaya suplemen yang dapat dijalankan yakni berbelanja buku perihal tes potensi akademik, psikotes dan wawancara kerja.

Sebagai motivasi, tahukan Anda bahwa Soichiro Honda, seorang pendiri produk kendaraan yang sungguh terkenal, ternyata dirinya pernah ditolak untuk melakukan pekerjaan selaku teknisi mesin di perusahaan Toyota Motor.

Baca kisah singkatnya di laman: Pendiri Honda dulunya pernah ditolak oleh Toyota - Merdeka.com

Untuk mengenali kisahnya lebih lengkap, baca di laman: Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA" - Kaskus.co.id

8. Dibalik kegagalan, niscaya ada pelajaran penting yang diperoleh

Kegagalan pastinya menghasilkan Anda bersedih. Hal ini wajar, tetapi jangan berlarut-larut yang menghasilkan diri Anda bisa betul-betul terpuruk akibatnya. Ingatlah poin yang sebelumnya sudah disebutkan, bahwa tanpa kegagalan seseorang tidak akan menjadi sukses. Teruslah meneliti faktor-faktor yang menghasilkan Anda gagal, catat pada suatu kertas sehingga Anda tetap bisa mengingatnya.

Mencatat daftar kesalahan yang Anda lakukan sebelumnya, juga berniat biar kesalahan tersebut tidak terulang di masa mendatang. Anda juga bisa lebuh mudah untuk memperbaiki kesalahan yang sudah dilakukan. Jika Anda merenungi kesalahan-kesalahan Anda, memiliki arti Anda sudah selangkah lebih maju dalam menggapai kesuksesan.

Selain itu, kegagalan yang pernah Anda alami juga menjadi tidak sia-sia, alasannya yakni Anda bisa mengambil poin-poin pelajaran darinya. Pengalaman betul-betul sungguh penting dan berharga, selaku aspek penentu utama yang menghasilkan seseorang berhasil atau tidak.


9. Ingat! kegagalan bukanlah aib

Tahukah Anda bahwa banyak orang berhasil di dunia ini, sebelumnya mereka pernah mengalami kegagalan dan keterpurukan, namun mereka terus bangun dan bangun dari kegagalan-kegagalannya. Anda tentu pernah mendengar suatu novel super fenomenal ‘Harry Potter’. Merupakan suatu karya dari seorang berjulukan J. K. Rowling yang sungguh terkenal.

Sebelum terkenal, J. K. Rowling dulunya mengalami berkali-kali jatuh bangun. Dia yakni seorang single mother, dimana keadaan ekonominya terpuruk yang menjadikannya mesti berjuang keras. Dalam menulis novel pertamanya, dirinya mesti menanti putrinya yang berjulukan Jessica untuk tidur di kereta bayi (agar lebih hening menulis –pen).

Setelah putrinya tertidur, barulah ia pergi ke Nicholson’s Cafe, kemudian memesan satu cangkir espreso dan segelas air. Kemudian menulis dengan secepat mungkin pada waktu-waktu yang terbatas itu. Dia berupaya mencari-cari waktu untuk menulis.

Karena keadaan ekonomi yang terpuruk, dirinya tidak mempunyai duit untuk memfotokopi, maka naskah yang ditulisnya diberikan ke biro penulis secara langsung. Dia kenal seorang biro penulis muda yang berjulukan Christopher Little. Setelah mengajukan pemohonan, akhirnya Christopher Little mau untuk membawakan naskahnya ke penerbit.

Tapi apakah novel J. K. Rowling pribadi diterima oleh penerbit? Tidak. Bahkan sudah banyak penerbit yang menolak karyanya. Barulah setelah jatuh bangun selama setahun, akhirnya karyanya diterima oleh penerbit Bloomsburry. Dan dalam waktu singkat, karyanya tenar seluruh penjuru dunia.

Kalau saja di saat itu J. K. Rowling putus asa, mengalah dan berhenti berkaya. Mungkin namanya kini tak dipahami di seluruh dunia.

10. Berpikir jauh ke depan

Anda mesti tahu bahwa untuk menggapai kesuksesan maka Anda mesti melakukan pekerjaan keras. Orang-orang berhasil yang sebelumnya pernah berkali-kali jatuh bangun dan mengalami kegagalan, mereka sanggup lebih bisa untuk berpikiran jauh ke depan. Mereka juga mempunyai jiwa optimistis dan motivasi yang lebih tinggi.

Jadilah orang yang dapat berpikir jauh ke depan, perihal planning yang hendak dijalankan kedepannya, sehingga tidak cuma terpaku menyesali kegagalan yang di sekarang ini dialami.

11. Jagalah pikiran anda

Seperti disinggung sebelumnya, untuk mempunyai kesuksesan dalam seni administrasi usaha maka diinginkan pikiran yang sehat dan jernih biar bisa menghasilkan seni administrasi terbaik. Untuk itu penting mempertahankan pikiran, alasannya yakni orang berhasil bukanlah orang yang suka berpikiran negatif. Jangan bergaul dengan orang-orang yang isi pikirannya jelek, yang suka mengucapkan kalimat negatif terus-menerus.

12. Jangan malas mengecek planning Anda

Jika Anda sudah menghasilkan rancangan seni administrasi untuk mengawali usaha lagi, maka Anda juga mesti mengerjakan penilaian pada planning yang Anda sudah buat itu. Anda mesti mengevaluasinya hingga betul-betul mantab. Anda diusulkan juga merenungi apakah ada cara yang lebih efektif dan lebih baik dari planning yang sudah anda buat.

Anda juga bisa merenungi apakah tujuan atau goal Anda terlalu tinggi apabila dibandingkan kesanggupan yang Anda miliki. Anda juga bisa berpikir perihal orang lain yang dapat menolong biar planning Anda bisa sukses.

Pikirkan juga alternatif lain apabila terjadi sesuatu, Anda mesti mempunyai sifat terbuka kepada tata cara gres alasannya yakni bisa saja tata cara gres lebih baik ketimbang yang kini ada.

13. Ingat! Yang Anda perlukan yakni waktu untuk bisa bangkit

Seseorang memerlukan beberapa di saat untuk menyembuhkan kondisinya yang sedang terpuruk. Sehinga Anda sungguh diperbolehkan mengambil sedikit waktu gar bisa menghidupkan semangat Anda lagi, lakukanlah hal-hal yang Anda suka, usahakan sesuatu yang berfaedah besar. Sehingga setelah menjalani masa ‘pemulihan’ diri Anda sudah siap untuk merancang planning super untuk menjangkau kesuksesan.

14. Teruslah berusaha

Ini beliau yang menjadi penyebab utama seseorang bisa meraih kesuksesan yang sungguh besar, yakni terus berusaha, atau terus mencoba. Dalam hidupnya tidak ada yang namanya berhenti dan menyerah. Tahikah Anda, Thomas Alva Edison menjajal sekitar 10.000 kali untuk merealisasikan impiannya itu, sehingga dirinya sungguh dipahami di dunia. Jangan patah semangat, jumlah kegagalan Anda masih jauh dari angka ribuan. Dengan terus menjajal dan berupaya nantinya akan berbuah kesuksesan.

Penutup
Sebuah pikiran yang salah besar apabila menilai seorang pemenang bukanlah orang yang tidak pernah mencicipi kegagalan dan keterpurukan.

Yang memicu mereka besar alasannya yakni mereka bisa untuk senantiasa bangun dari keterpurukan. Bahkan mereka bisa merancang insiden kegagalan itu selaku suatu pelajaran super berharga. Pola pikir mereka pun kian maju dan remaja dalam menghadapi aneka macam permasalahan.

Adapun seorang pecundang maka kerjaannya cuma mengeluh, kerjaan mereka cuma mencari kambing hitam dri kegagalannya, sehingga mereka ‘patah hati’ untuk meneruskan perjuangannya. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.